expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kamis, 14 Mei 2015

Asuhan Kebidanan pada Kehamilan



                                                               KATA PENGANTAR

          Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karuniaNya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan tema prinsip asuhan kehamilan. Dalam  tugas mata kuliah Asuhan Kebidanan 1 Kehamilan pada semester II,  DIV Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta

Penyelesaian Makalah ini tak lepas dari bantuan dari berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu pada kesempatan ini izinkan penulis menyampaikan terima kasih kepada :

1.                       Bu. Hartini selaku Dosen Pengajar mata    
kuliah Asuhan Kebidanan 1 Kehamilan
2.                       Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setulusnya juga penulis
sampaikan kepada teman yang turut membantu dalam penyusunan Makalah ini.

Akhir kata, semoga Makalah ini dapat memberikan manfaat dan berguna di masa yang akan datang dan dapat memberikan pengetahuan kepada kita semua. Mudah – mudahanTuhan Yang Maha Esa  melancarkan usaha yang kita lakukan. Amin.



                                                                                    Yogyakarta, 3 Maret 2015


                                                                                                Penulis




Daftar Isi

Halaman Judul

Kata Pengantar .................................................................................................. i

Daftar Isi ............................................................................................................ ii


Bab I  Pendahuluan
1. 1                           Latar Belakang Masalah……………………………..
1. 2                           Tujuan Penulisan……………………………………..

Bab II  Pembahasan
1. 1                          Pengertian Asuhan Kebidanan Kehamilan…………………….

Bab III Penutup
1.1   Kesimpulan………………………………………
1.2        Saran……………………………………………..

Daftar Pustaka











                                                                        BAB I
                                                PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Masalah kematian ibu dan bayi di Indonesia yang masih tinggi merupakan focus utama pemecahan masalah kesehatan di Indonesia.
Penyebab secara langsung tingginya AKI adalah perdarahan post partum, infeksi, dan preeklamsi/eklamsia. Kehamilan dapat berkembang menjadi masalah atau membawa resiko bagi ibu. WHO memperkirakan bahwa sekitar 15 % dari seluruh wanita yang hamil akan berkembang menjadi komplikasi yang berkaitan dengan kehamilannya serta dapat mengancam jiwanya.
Sebagian besar penyebab tersebut dapat dicegah melalui pemberian asuhan kehamilan yang berkualitas. Pemberian asuhan kehamilan yang berkualitas meliputi pemahaman bidan terhadap prinsip pokok asuhan kehamilan.

B.   Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui tingkat pengetahuan bidan tentang prinsip pokok asuhan kehamilan dan khususnya untuk mengetahui hubungan antara tingkat pemahaman bidan tentang prinsip pokok asuhan kehamilan dan penerapannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.


                                                            BAB II
                                       PEMBAHASAN

1.     Pengertian Prinsip Asuhan Kehamilan
Mulai tahun 1990  pelayanan kebidanan diberikan secara merata dan dekat dengan masyarakat. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat kebijakan ini merupakan instruksi presiden yang disampaikan secara lisan pada sidang cabinet pada tahun 1992. Kebijakan ini mengandung  perlunya mendidik  bidan yang ditempatkan didesa. Tugas pokok bidan didesa adalah sebagai pelaksana kesehatan KIA, khususnya pelayanan kesehatan ibu hamil, bersalin, dan nifas, serta pelayanan kesehatan bayi baru lahir, termasuk pembinaan dukun bayi. Sehubungan dengan itu bidan desa  juga menjadi pelaksana pelayanan kesehatn bayi dan keluarga berencana. Sedangkan bidan yang bekerja dirumah sakit berorientasi pada individu. Tugas bidan dirumah sakit mencakup pelayanan di poliklinik antenatal, poliklinik keluarga berencana, ruang perinatal, kamar bersalin, kamar operasi kebidanan, dan ruang nifas. Oleh karena itu, dalam kebidanan harus mengutamakan prinsip asuhan kebidanan pada kehamilan, seperti berikut
Ada 5 prinsip-prinsip utama Askeb, antara lain :
1.    Kelahiran adalah proses yang normal
Kehamilan dan kelahiran biasanya merupakan proses normal, alami dan sehat. Sebagai bidan kita membantu melindungi proses tersebut.
2.    Pemberdayaan
Ibu dan keluarga mempunyai kebijaksanaan dan sering kali tahu kapan mereka melahirkan. Keyakinan dan kemampuan ibu untuk melahirkan dan merawat bayi bisa ditingkatkan atau dihilangkan oleh orang yang  memberikan asuhan pada dan dimana ia melahirkan, jika ita bersikap negative atau kritis, hal ini akan mempengaruhi si ibu. Juga dapat mempengaruhi lamanya persalinan.
3.    Otonomi
Ibu dan keluarga memerlukan informasi sehingga mereka membuat suatu keputusan. Kita harus tahu dan  menjelaskan yang akurat tentang resiko dan keuntukngan prosedur, obat-obatan dan tes. Kita juga harus membantu ibu dalam membuat suatu pilihan yang terbaik untuk dirinya.
4.    Jangan membahayakan
Intervensi haruslah tidak dilaksanakan secara rutin kecuali terdapat indikasi-indikasi spesifik. Pengobatan pada kehamilan, kelahiran atau periode pasca persalinan dengan tes-tes “rutin” obat atau prosedur dapat membahayakan bagi ibu dan bayinya.
5.    Tanggungjawab
Setiap penolong persalinan harus bertanggungjawab terhadap kualitas asuhan yang ia berikan. Praktek asuhan maternitas harus dilakukan berdasarkan kebutuhan ibu dan bayinya, bukan atas kebutuhan penolong persalinan. Asuhan berkualitas tinggi berfokus pada klien dan saying ibu berdasarkan bukti ilmiah sekarang ini adalah tanggungjawab semua bidan.




                                          BAB III
                                        PENUTUP

A.   Kesimpulan



B.   Saran



Daftar Isi

http://chenalya2.blogspot.com/2014/03/prinsip-pokok-asuhan-kehamilan-dan.html
http://sriaquarius.blogspot.com/p/prinsip-pokok-asuhan-kebidanan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar